Diberdayakan oleh Blogger.

Tiga Bendungan Diawasi ,Tiga Tongkang Kandas

Minggu, 26 Januari 2014

Rembang //

Hampir sepekan sejak cuaca ekstrem melanda, ratusan kapal nelayan di wilayah Kabupaten Rembang  tidak berani melaut. Para pemilik kapal memilih untuk menyandarkan kapal mereka di dermaga di sepanjang pantura. Akibat menganggurnya para ABK ( awak buah kapal) membuat mereka terjerat hutang. Disisi lain, harga berbagai jenis ikan terus melambung.



Sementara  itu berdasarkan pantauan wartawan akibat ombak dan badai menyebabkan tiga buah kapal tongkang yang memuat batu bara untuk memasok kebutuhan PLTU ( Pembangkit Listrik Tenaga Uap) di Kecamatan Sluke,  mengalami kandas. Satu buah kapal tongkang terdampar di pantai Binangun, kecamatan Lasem, bahkan satu tongkang juga terdampar di pantai Dasun Lasem dan satu lainnya di perairan Sluke.
“ Awalnya nelayan melihat kapal tongkang itu cukuyp jauh dari pantai, namun sekarang malah mendekat ke bibir pantai karena terus didesak dengan arus yang kuat,” kata Dibyo (50) nelayan Binangun, Lasem Jumat kemarin.

Keberadaan kapal tongkang yang kandas menurut nelayan tradisional yang nekat mencari ikan di bibir pantai dinilai sangat mengganggu,sehingga para nelayan di kawasan itu meminta kepada pemilik kapal tongkang segera menarik ke tengah laut.

Hasil pantauan,akibat tingginya curah hujan, membuat beberapa waduk besar di wilayah ini mengalami peninggian elevasi. Kepala BadaN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kab Rembang Drs Suharso sudah meminta kepada Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juwana untuk mengecek ke lokasi. “ Sangat tidak bisa dibayangkan bila waduk-waduk nanti dibuka atau justru jebol akan mengakibatkan banjir melanda pemukiman warga,” kata Suharso mengantisipasi. Beberapa bendung besar itu diantaranya, bendung Lodan di Kecamatan Sarang, Benndung Panohan di Kecamatan Sulang serta Bendung Banyukuwung di Kecamatan Sumber. (Sta /Hasan.)
Share this article on :

0 komentar :

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 HIPSI REMBANG All Rights Reserved.
Template Design by kang toebz | Published by Templates | Powered by Blogger.com .