Diberdayakan oleh Blogger.

Batu Seberat Puluhan Ton Timpa Rumah Warga

Selasa, 07 Januari 2014

Sale
Curah hujan yang mengguyur wikayah rembang akhir akhir membuar sejumlah tebing longsor seperti apa yang terjadi di desa bitingan Kecamatan Sale
Akibat derasnya hujan batu besar menggelinding dan menimpa rumah Sukarman, warga RT 1 RW 2 Desa Bitingan Kecamatan Sale, pada Selasa (7/1) pagi.Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun akibat insiden itu kandang ternak sapi milik korban, rusak berat. Empat ekor sapi yang sempat saling tindih pun, tidak nyaris tewas 



Kepada sejumlah awak media Sukarman mengatakan sekitar jam 12.30 , bapak tiga anak ini mendengar suara hantaman keras dan menggetarkan rumahnya. Tidak diketahui secara persis bagaimana mulanya, namun saat dia mengecek keluar rumah, bagian kandang sapinya runtuh ditimpa batu besar setinggi dua meter.

Tak lama kemudian, warga sekitar langsung berhamburan ke luar rumah. Pria berumur 58 tahun ini pun lantas mengingat insiden serupa pada hari Kamis Legi pada tahun 1977. Saat itu ada sejumlah rumah yang terendam tanah longsor dan beberapa orang meninggal dunia.

Kepala Desa Bitingan Sutamir yang mendapat informasi itu langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Muspika Sale. Beberapa saat kemudian Anggota Koramil Sale turun lapangan. Anggota Polsek dan Camat Sale serta Wakil Administratur KPH Kebonharjo dan anggotanya, datang menyusul kemudian.

Asep Ruskandar, Wakil Administratur KPH Kebonharjo menyatakan akan mengambil dua langkah. Pertama akan bekerjasama dengan Muspika Sale untuk memecah batu besar yang menimpa rumah Sukarman lalu memperbaiki rumah tersebut.

Kemudian yang kedua, batu-batu yang masih di lereng bukit dan kondisinya rentan akan juga segera dipecah. Pihaknya juga akan membuat teras siring dan trucuk atau pagar pembatas sebagai antisipasi longsor.

Bukit di atas Desa Bitingan memang menampung banyak batu besar dan kecil. Bukit berbatu tersebut merupakan kawasan hutan Petak 73C RPH Tengger, BKPH Tuder, KPH Kebonharjo. Warga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Rembang agar memikirkan penanganan ancaman longsor di wilayah setempat.

Lantaran besarnya batu warga bersama muspika Kecamatan Sale  berupaya memindahkan batu yang menimpa rumah warga itu dengan cara dipecah dengan alat  pemecah batu (Hasan)
Share this article on :

0 komentar :

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 HIPSI REMBANG All Rights Reserved.
Template Design by kang toebz | Published by Templates | Powered by Blogger.com .