Diberdayakan oleh Blogger.

Harga Udang Anjlok

Kamis, 30 Januari 2014

Rembang //

Harga panenan udang ditingkat petani merosot, menyusul penutupan sementara ekspor udang ke luar negeri. Mujiyono, petani udang di Desa Tireman, Kecamatan/Kabupaten Rembang mengatakan, hingga pertengahan Januari belum ada pengumuman resmi harga udang dari perusahaan pengekspor.

 Ia yang baru saja merampungkan panen secara parsial ditambaknya mengatakan, harga udang ukuran 79 ekor/kg dibeli pengepul seharga Rp 72.300. padahal Desember lalu harga udang ukuranyang sama mencapai Rp 85.000/kg

“Informasi dari pengepul, stok di gudang mereka sudah melimpah, tapi ekspor sejak Natal dihentikan sementara. Karena itu harga mengalami penurunan, “jelasnya. Sejumlah petani udang di Desa Tireman, baru baru ini , menggelar panen parsial ditambaknya. Panen persial dilakukan dengan mengambil sekitar 30 persen populasi udang pada satu tambak.


Panen raya diperkirakan baru akan dilakukan sebulan mendatang. Pada panen parsial, dia mampu menjual hingga 3,1 ton udang. Harga diperkirakan kembali naik saat harga baru sudah ditetapkan pabrik pengeksport. “Kabarnya perusahaan baru akan kembali ekspor bulan depan, atau setelah perayaan Imlek,”ujarnya.

Andi Fatosha,petani lain menambahkan, penurunan harga pada awal tahun ini tak sampai merugikan petani. Pada panen parsial ukuran udang cenderung lebih kecil.

Ia memanen udang ukuran 98 ekor hingga 109 ekor per kilogram dengan harga jual Rp 52.000/kg. ia berharap harga baru sudah ditetapkan saat panen raya tiba, bulan depan.

Budidaya udang jenis vaname menjadi primadona baru petani tambak di Kabupaten  Rembang. Saat harga garam tak lagi menjanjikan, sebagian petani mengubah lahan tambak garamnya untuk budidaya udang secara intensif.

Selain lebih menguntungkan pasar hasil panenan petani di daerah Pati yang merugi, karena lahannya kebanjiran. Saat ini panenan udang kami serap para pengepul dari Sidoarjo, “jelasnya.(Sta /San)
Share this article on :

0 komentar :

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 HIPSI REMBANG All Rights Reserved.
Template Design by kang toebz | Published by Templates | Powered by Blogger.com .